Monday, September 16, 2013

7 Aturan Menulis Oleh Rachel Fehily

Ada 7 aturan dalam menulis yang diutarakan seorang penulis, Rachel Fehily.

1. Pernahkah kalian, ketika sedang menulis di rumah kemudian merasakan banyak sekali gangguan? Padahal di rumah selalu tersedia komputer dan kalian bisa menulis kapan saja kalian mau? Namun, ada saja gangguan seperti tumpukan cucian, telepon, maupun pekerjaan rumah tangga lainnya?

Ya, rumah tangga adalah salah satu musuh dalam menulis! Oleh karena itu, jika kalian terganggu dengan pekerjaan rumah kalian, lakukanlah kegiatan menulis di luar rumah. Kalian bisa melakukannya di kantor, di perpustakaan, di cafe atau tempat-tempat lainnya. Meskipun begitu, tetapkan prioritas agar menulis tetap berjalan tapi pekerjaan rumah pun tidak terlantar.

J.K. Rowling merupakan salah satu penulis yang suka menulis di cafe. Bagaimana dengan kalian?

2. Menulis secara horizontal, berbahaya!

Umumnya menulis secara horizontal dilakukan jika kalian berada di rumah. Apa maksudnya menulis secara horizontal? Maksudnya, menulis dengan posisi tubuh horizontal, biasanya sambil terkelungkup. Sayangnya, penggunaan komputer dengan posisi tubuh yang tidak baik akan semakin memperburuk kesehatan tubuh. Misalnya saja jarak mata dengan layar komputer menjadi terlalu dekat sehingga menyebabkan mata bengkak, leher lelah, dll.

Jadi, yuk mulai sekarang membiasakan diri menggunakan komputer secara benar!

3. Yakinlah akan batas waktu kalian.


Mulailah menerapkan batas waktu bagi proyek menulis kalian sendiri. Percaya dirilah dalam menjalankan proyek tersebut bahwa kalian mampu menghasilkan sejumlah bab tertentu pada tanggal tertentu, hal tersebut akan membuat diri kalian dan pihak penerbit merasa puas.

4. Tentukan tujuan yang realistis.


Bayangkan bahwa diri kalian mampu mencapai tujuan-tujuan hidup kalian. Seperti memproduksi 2000 kata per hari atau menyelesaikan sebuah novel dalam 50 hari. Berpikirlah bahwa anda bisa dan bahwa menulis 2000 kata seminggu lebih baik daripada tidak menulis. Jangan menyerah pada hal-hal yang mengganggu tulisan kalian, temukan tujuan kalian dan fokuslah pada hal itu.

5. Bangun sebuah perasaan bersalah.


Pernah merasakan jenuh, tidak merasa seperti sedang menulis? Tidak ada ide ke pikiran? Atau tata bahasa dan kalimat sepertinya berantakan? Saat itulah kalian harus menyerah dan lakukanlah hal-hal lain. Pergi keluar, menikmati makan siang sendiri, pergi ke tempat yang menyenangkan bagi diri kalian. Abaikan proyek menulis kalian selama beberapa waktu dan bersahabatlah dengan alam untuk sementara waktu. Setelah merasa puas, kembalilah ke meja kalian dan menulislah.

Semoga ide-ide akan meluap dan memenuhi pikiran kalian. Kerjakanlah itu!

6. Memaksa diri ketika tidak sedang menyukainya.

Tidak seperti banyak penulis yang menulis karena mereka tidak bisa berhenti menulis. Bahkan seorang penulis memiliki hari off untuk melakukan hal tertentu. Namun, ketika anda berada di depan layar kosong, mulailah menulis dan lupakan hal-hal menyenangkan tersebut sejenak.

Percayalah pada kemampuan kalian bahwa kalian mampu menulis dengan baik. Draft pertama tak selalu brilliant.

7. Jangan meminta maaf dan jangan jelaskan.


Jika tulisan kalian tidak bisa memberikan penghasilan seperti yang kalian harapkan, jangan biarkan diri kalian kecewa dan menyebabkan buku itu sebagai buku terakhir anda. Pikirkan semua hal yang telah kalian lakukan tanpa dibayar dan menghabiskan waktu kalian. Sisihkan waktu untuk sendiri dan fokuslah pada tujuan kalian menulis.

Bangga dan menulislah. Jangan pernah berhenti berkarya!

Sumber 1 : Kaskus
Sumber 2 : Twitter @NulisBuku