Saturday, November 9, 2013

Sebuah Cerita Sebuah Pengalaman "GO LIVE"

Akhirnya saya menyelesaikan proyek ini. Kemarin saya dan team telah melakukan prosesi "GO LIVE". Kabar baiknya 1 tahapan telah terlewati. Kabar buruknya momentum ini bersyarat. Apakah itu "GO LIVE?" Itu adalah sebuah peristiwa yang menadakan akhir dari sebuah proyek, tentunya dilaksanakan setelah semua pihak merestui dan tanda tangan.

Jujur ini bukanlah pertama kali saya mengalami hal seperti ini. Proyek saya sebelumnya juga "GO LIVE" hanya sebagai prosesi syukuran doank, padahal masih banyak hal yang perlu diselesaikan. Berdasarkan alasan itulah, saya sebelumnya berkata momentum yang bersyarat. Sejujurnya banyak hal yang telah saya prediksi diawal sesuai dengan posisi saya sebagai analis dan pemimpin tim aplikasi.

Saya merasa peristiwa ini terlalu dipaksakan, mengingat fase UAT (User Acceptance Test) belum dilakukan. Fase ini adalah fase dimana semua User telah OK dengan pekerjaan kami. Ya, berurusan dengan management memang sangat politis, dimana selalu ada kepentingan yang tersirat di dalamnya. Saya tidak mau berasumsi lebih jauh, lebih baik sekarang saya berusaha mengejar apa yang belum.

Akhir kata, postingan ini lebih mengarah ke curahan hati saya yang jujur kecewa dengan keadaan yang ada, terlebih saya belum berhasil melewati tantangan kemarin. Namun dibalik semuanya ini, saya yakin pasti terdapat pengalaman berharga yang akan saya terus bawa di proyek-proyek mendatang. Saya juga ingin mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesempatan yang berharga ini, dan tentunya juga kepada setiap teman-teman baik tim internal maupun eksternal yang telah sama-sama berjuang kemarin. Selamat beristirahat sejenak. Selamat berakhir pekan. Salam.