Sunday, September 7, 2014

Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

Contoh Gigi Bungsu (Bukan Gigi Nico)

Selamat malam. Saya mau cerita dulu ah sambil nunggu ngantuk. Minggu lalu, tepatnya 30 Agustus 2014, akhirnya saya merasakan apa yang disebut operasi. Saya diharuskan untuk operasi kecil untuk pengangkatan gigi bungsu saya yang tumbuh miring. Meskipun operasinya disebut operasi kecil, tetap saja saya ngeri karena tidak pernah merasakan apa yang disebut operasi.

Sekilas tentang gigi bungsu dari Wikipedia
Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-30 tahun. Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, hal ini menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Masalah pada gigi bungsu
  • Gigi yang berdesakan. Karena gigi bungsu tumbuh paling akhir, kadang-kadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Masalah ini umumnya diatasi dengan mencabut gigi bungsu yang baru tumbuh. Bila gigi bungsu menempati posisi yang sulit untuk dicabut, yang dicabut adalah gigi geraham yang terdesak sehingga gigi bungsu mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh.
  • Gigi yang tidak muncul sempurna pada gusi. Terkadang gigi bungsu tidak muncul dengan sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi.

Sedikit cerita sebelum operasi, sebelumnya saya tidak pernah mengeluh sakit gigi. Namun saya punya penyakit kulit yang saya lupa namanya. Sebenarnya bukan penyakit kulit, tapi keadaan abnormal dari kaki saya yang kulit alas kakinya lebih tebal dan berkeringat lebih daripada pada umumnya. Alhasil dari 3 dokter kulit selama 2 tahun bertualang, semuanya menyarankan ke dokter gigi untuk dilakukan pengecekan apakah ada masalah dengan gigi saya. Singkat cerita setelah konsultasi dan rontgen ternyata saya mendapati masalah fokal infeksi. Apa itu?

...

Sumber 1: Fokal infeksi adalah suatu infeksi lokal yang biasanya dalam jangka waktu cukup lama (kronis), dimana hanya melibatkan bagian kecil dari tubuh, yang kemudian dapat menyebabkan suatu infeksi atau kumpulan gejala klinis pada bagian tubuh yang lain. 

Sumber 2: Fokus infeksi merupakan asal mula dan penyebab berkembangnya penyakit sistemik seperti arthritis, ulcus peptik dan apendisitis. Fokal infeksi terutama yang disebabkan oleh penyakit periodontal di permukaan marginal maupun apikal merupakan faktor risiko terjadinya penyakit sistemik.

Penyakit periodontal merupakan reaksi inflamasi, yang disebabkan oleh bakteri anaerob gram negatif pada jaringan pendukung gigi. Penyakit periodontal bersifat kronis, perkembangannya lambat dan umumnya tidak diikuti gejala.

Pembengkakan gigi bisa saja merupakan manifestasi dari penyakit sistemik.
Gigi dan jaringan mulut yang tidak dibersihkan merupakan pusat infeksi. Ada tiga jalur infeksi dalam rongga mulut, yaitu :

  1. Melalui infeksi metastatik, rongga mulut sebagai akibat dari bakteriaemia. Infeksi diakibatkan karena prosedur dental dan infeksi rongga mulut dapat menyebabkan bakteri sementara tinggal pada organ tertentu dalam tubuh, bakteri dapat memasuki aliran darah. Penyakit yang termasuk infeksi metastatik : 
    • endokarditis sub akut
    • abses otak
    • trombosis sinus cavernosus
    • sinusitis
    • infeksi paru – paru
    • selulitis mata
    • ulcus di kulit dan 
    • osteomielitis 
  2. Melalui luka metastatik, karena efek toksin bakteri yang sedang bersirkulasi. Bakteri mampu memproduksi protein yang dapat mengadakan difusi atau eksotoksin, berupa enzim sitolitik dan toksin. Penyakit yang termasuk akibat luka metastatik : 
    • Infark cerebral
    • Infark miokardial
    • Kehamilan tak normal 
    • Neuralgia nervus trigeminus 
  3. Inflamasi metastatik, karena adanya antigen yang larut dalam aliran darah bereaksi dengan antibodi spesifik yang bersirkulasi dan membentuk komplek makromolekul imunokoompleks yang akan menimbulkan berbagai reaksi akut maupun kronis pada daerah bakteri berkoloni.Penyakit termasuk inflamasi metastatik :
    • Urtikaria kronis
    • Inflamasi usus besar 
    • Sindrom Behcet
...

Bisa dilihat dalam sumber kedua, dan jalur infeksi yang pertama, ada tertulis ulcus di kulit. Ulcus atau ulkus adalah sejenis kerusakan kulit, ada juga yang bilang borok. Untungnya saya tidak borok. Hanya kulitnya cenderung tebal dan berkeringat terlalu banyak. Meskipun tidak sama tetapi yang saya tangkap dari sumber kedua adalah fokal infeksi ini dapat memberi dampak yang luar biasa mengerikan.

Kembali ke operasi, tekad saya sudah bulat untuk operasi, apalagi rencana ini sudah tertunda selama 1 tahun. Saya putuskan untuk operasi di rumah sakit dekat kantor, yakni di daerah Jakarta Pusat. Karena saya agak takut dengan pelayanan di RS negeri atau pemerintah, saya ambil yang versi swastanya saja. Setelah konsultasi yang informatif dan solutif dengan salah satu dokter bedah mulut, saya semakin yakin dengan keputusan operasi kecil ini, ditambah saran dokter untuk mencabut gigi atasnya karena sudah tidak berfungsi maksimal lagi. 

Jalannya operasi tidak begitu mulus, karena posisi gigi yang menunduk kebawah. Dan untuk menahan sakitnya saya diberikan dosis bius lokal 2x lipat orang biasa. Setelah hampir 50 menit, akhirnya beres juga peangkatan gigi bungsu bandel saya. Dilanjutkan dengan kurang dari 1 menit untuk pencabutan gigi atasnya. 

Rasanya operasi meskipun dibius adalah tetap sakit dan tidak enak. Ya sudahlah ya, demi kesembuhan saya tahan rasa sakitnya. Kemudian saya diberi obat penghilang rasa sakit, antibiotik dan obat kumur. Selama 3 hari mulut saya tampak bengkak akibat proses ini dan setelah cari di internet ternyata hal ini adalah normal. Saya juga disarankan jangan banyak bicara, jangan makan makanan yang panas dan pedas.

Seminggu kemudian, yakni beberapa jam lalu, akhirnya jahitan operasinya dicabut. Gak sampe 2 menit sudah selesai. Rasanya lega karena 1 tahap lagi telah terlewati. Dokternya bilang bahwa untuk proses penyembuhan selanjutnya akan memakan waktu 2minggu sampai 1 bulanan. Rasa sakit yang sekarang ada akan hilang seiring dengan waktu. Dan berita baiknya sekarang saya boleh sikat gigi lagi, namun harus tetap kumur dengan obat dari dokter. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin c juga pesannya.

Satu lagi proses dalam kehidupan saya yang tidak akan pernah saya lupakan. Total sekitar 7 juta-an dana yang telah saya habiskan dari konsultasi awal sampai kemarin di RS ini. Bukan biaya yang sedikit, namun saya bersyukur bahwa semuanya itu di cover oleh perusahaan tempat saya berkarya. Sekarang saya harus menjaga kondisi tubuh dan mengontrol apapun yang akan masuk dalam mulut ini. Semoga cepat sembuh dan terbebas dari penderitaan ini. Salam. :)

"Salah satu bentuk nikmat yang sering terlupakan adalah sehat."

No comments:

Post a Comment

Share Your Inspiration...