Tuesday, October 15, 2013

Petualangan Business Intelligence - Pertanyaan Umum BI

Postingan ini akan membahas mengenai petualangan "Business Intelligence" yang telah saya alami. Saya melihat BI adalah sebuah produk baru yang sedang bertumbuh di Indonesia.  Sebelumnya saya pernah membahas tentang apa itu BI, keuntungannya serta metodologi proyeknya. Bagi yang lupa atau belum baca bisa dilihat di postingan tersebut. Kalau disini saya lebih akan bercerita tentang pengalaman saya dalam implementasi BI.

Secara garis besar, orang - orang disini (Indonesia) mengetahui BI adalah sebuah alat yang membuat laporan atau dashboard secara otomatis, bukan sebagai solusi yang dapat meningkatkan kemajuan bisnis mereka. Membuat laporan otomatis hanyalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh semua vendor BI. Terlepas dari semua fitur lain, memang ini adalah aspek yang paling penting. Mengapa? Proses manual sebelum adanya BI ini sangatlah beresiko. Semua proses yang masih dilakukan oleh perseorangan ataupun team membutuhkan waktu untuk pengolahan yang cukup banyak dan tentunya perlu disertai oleh ketelitian. Dengan sistem, semua hal tersebut dapat diminimalisir.

Loh, koq malah membahas mengenai keuntungan? Hahaha. Paragraf sebelumnya adalah persepsi hampir semua orang mengenai BI yang saya tanyakan pada mereka, ketika mereka ingin implementasi. Bahkan lebih ekstrim lagi, beberapa dari mereka malah tidak  mengerti BI itu apa. 

Berikut adalah FAQ mengenai BI :
Kalau bicara dengan user yang tidak mengerti IT kurang lebih seperti itu. Kalau saya menjelaskan seperti yang ada dalam postingan saya sebelumnya, mabok mereka semua. Hahahaha. Setidaknya satu hal yang dipelajari dari user orang Indonesia yakni, mereka gak mau tau teknikalnya itu produk bisa ngapain aja, mereka hanya mau tau produk itu harus bisa menggantikan kerja mereka pada bagian tertentu. Semoga kelak saya bisa dapat client asing, supaya bisa buat perbandingan.

Semuanya yang saya tulis diatas adalah subjektif dari saya pribadi selama 3x implementasi proyek BI dan beberapa proyek yang lainnya. Nantikan juga pembahasan lebih detail mengenai setiap FAQ yang telah saya tulis diatas dalam postingan selanjutnya. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. :)