Saturday, August 1, 2015

Operasi Pembinaan Kependudukan

Pagi ini saya kedatangan tamu tak diundang. Tamu tersebut berasal dari pemerintahan administrasi setempat daerah tempat kost-an saya. Salah seorang dari mereka mengatakan bahwa sedang ada pendataan untuk para pendatang yang bukan asli Jakarta. Saya kemudian diminta KTP oleh mereka dan meminta saya untuk mengambilnya di pos komplek perumahan, sekalian dengan mengambil sesuatu sebagai tanda pengenal.


Setibanya di lokasi, ternyata masih penuh sekali. Banyak orang masih mengantri untuk melakukan proses administrasi tsb. Padahal saya sudah datang agak siang supaya tidak terlalu mengantri. Ketika tiba disana, aliran layanan menurut saya tidak jelas, saya entah harus kemana dan menghubungi siapa. Ya beginilah memang di Indonesia, gumam saya dalam hati. Akhirnya mau tidak mau saya harus bertanya pada orang yang mengantri dan orang yang sibuk meng-cap kartu sementara.

Ketika bertanya, saya diminta membawa fotocopy KTP. Langsung saya emosi dan berkata bagaimana mau fotocopy kalau KTP nya saja ditahan disini. Tadi dibilangnya saya tinggal ambil saja disini tanpa embel-embel apapun. Saya minta tolong untuk fotocopy oleh mereka saja, kan mereka adalah petugas administrasi. Jawaban mereka tidak ada, silahkan ditempat lain. Spontan saya bilang, ya kalau begitu ya jangan minta KTP nya dulu donk sambil berlalu untuk mencari tukang foto copy yang lokasinya paling dekat 1 km dari pos saat itu.

Yah memang inilah Indonesia, serba gak jelas. Masa fotocopy saja tidak ada padahal UPS saja bisa dianggarkan, gumam saya dalam hati. 2 perkara kecil, yakni aliran layanan yang tidak jelas dan SOP layanan itu sendiri yang membuat orang kadang jengkel mengurus hal-hal administrasi. Tanpa menghilangkan dan menyamaratakan semua orang, disana juga ada orang-orang yang baik dan mau membantu dan melayani dengan tulus. Akhirnya setelah 45 menit menunggu, KTP sementara saya jadi dan berlaku untuk 1 tahun. Perjuangan di hari libur ini lumayan menguras emosi. Semoga kedepannya pelayanan seperti ini bisa lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment

Share Your Inspiration...