Tuesday, July 16, 2013

Sekilas Pengertian dan Penjelasan Tentang Database atau DBMS

Tentang Database :

1. Wikipedia
Database Defitinion : A database is an organized collection of data. The data is typically organized to model relevant aspects of reality (for example, the availability of rooms in hotels), in a way that supports processes requiring this information (for example, finding a hotel with vacancies).

2. About.Com

Database Definition: A database is a collection of information organized into interrelated tables of data and specifications of data objects.

3. Sri Kusumadewi & Hari Purnomo
 Basis data (database) merupakan kumpulan dari data – data yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dan disimpan dalam perangkat keras komputer dan dimanipulasi dengan perangkat lunak.

4. Gordon C. Everest
Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.

5. C.J. Date
Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
  • Data input adalah data yang masuk dari luar sistem.
  • Data output adalah data yang dihasilkan sistem.
  • Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem.

6. Toni Fabbri
Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.

7. S. Attre
Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.

8. Radiant Victor Imbar & Bernard Renaldy Suteja
Definisi Basis Data (Database) didefinisikan dalam sejumlah sudut pandang seperti :
  • Sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.
  • Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan ditempat penyimpanan dan dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.

9. PCMag.Com
A set of related files that is created and managed by a database management system (DBMS).

10. Nico Budi Darmawan Tan
Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan dikelola oleh sistem dengan tujuan untuk menghasilkan informasi.

Database is a collection of related data and managed by the system in order to generate information.

=================================

Tentang DBMS :

1. About.Com
A database management system (DBMS) is the software that allows a computer to perform database functions of storing, retrieving, adding, deleting and modifying data. Relational database management systems (RDBMS) implement the relational model of tables and relationships.

2. Radiant Victor Imbar & Bernard Renaldy Suteja
DBMS adalah sistem untuk memasukan, mengubah, menghapus, memanipulasi dan dapat memperoleh data/informasi dengan praktis dan efisien. DBMS mengatur proses pengambilan dan penyimpanan data seperti sistem operasi yang mengatur sumber daya didalam komputer. DBMS akan menentukan bagaimana data diorganisasi, disimpan, dibuah dan diambil kembali. DBMS juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara bersama-sama oleh beberapa aplikasi dan menjaga kehandalan data.

3. English Wikipedia
Database management systems (DBMSs) are specially designed applications that interact with the user, other applications, and the database itself to capture and analyze data. A general-purpose database management system (DBMS) is a software system designed to allow the definition, creation, querying, update, and administration of databases.

4. PCMag.Com
DataBase Management System Software that controls the organization, storage, retrieval, security and integrity of data in a database. It accepts requests from the application and instructs the operating system to transfer the appropriate data.

5. Nico Budi Darmatan Tan
DBMS (Data  Base Management System) adalah sistem yang digunakan untuk proses pengolahan data seperti memasukan, mengubah, menghapus, mengambil, menyimpan, dsb. Setiap DBMS juga dilengkapi fitur keamanan, integritas, kehandalan dan interaktivitas lainnya yang tentunya disesuaikan dengan harga dari sistem tersebut.

DBMS is a system used for data processing such as insert, modify, delete, retrieve, store, etc.. Each DBMS also features security, integrity, reliability and other custom interactivity that depends on the brand of the system.