Saturday, December 20, 2014

365x Lipat

Joko & Edi sama-sama diterima di sebuah perusahaan sebagai salesman. Mereka berdua bekerja keras. Satu tahun kemudian, Pimpinan mempromosikan Edi menjadi Sales Supervisor sedangkan Joko tetap saja sebagai Salesman.

Suatu hari, Joko tidak tahan lagi & mengajukan pengunduran dirinya kepada Pimpinan. Alasannya, perusahaan ini tidak memperhatikan orang yang bekerja keras, hanya orang yang pandai menjilat saja yang dipromosikan. Pimpinan tahu bahwa Joko pekerja keras tetapi untuk menyadarkan Joko apakah beda dia dengan Edi maka, dia memberikan satu tugas kepada Joko.

Dia meminta Joko untuk menemukan seorang pedagang semangka di pasar dekat kantor. Saat Joko kembali, Pimpinan bertanya : “Sudah kamu temukan ?” “Sudah Pak”, jawab Joko. “Berapa harga semangkanya ?” Joko pun kemudian pergi ke pasar lagi untuk menanyakan harga semangka lalu kembali menghadap & berkata : “Rp 1.000/kg Pak”

Pimpinan berkata kepada Joko bahwa sekarang dia akan memberi perintah yg sama kepada Edi. Edi ke pasar & setelah kembali, melaporkan kepada Pimpinan : “Di pasar hanya ada 1 pedagang semangka, harga semangka Rp 1.000/kg, kalau beli 100 kg hanya Rp 800/kg. Dia mempunyai stok 324 biji, yang 32 dipajang di counternya.  Semangka didatangkan dari Indramayu 2 hari yang lalu, warnanya hijau segar & isinya merah jingga, kualitasnya bagus.” Joko sangat terkesan dengan laporan Edi & memutuskan untuk tidak jadi mengundurkan diri tetapi akan belajar lebih banyak dari Edi.

Bekerja keras memang harus !!!. Seorang yang lebih sukses meneliti lebih banyak, berpikir lebih banyak & mengerti lebih mendalam. Untuk alasan yg sama seorang yang lebih sukses melihat beberapa tahun ke depan sedangkan kita hanya melihat esok hari saja. Perbedaan antara 1 hari & 1 tahun adalah 365 kali lipat. Bagaimana dengan Anda ?



Work done with efficient and effectiveness manner

Sumber : Agus Gunawan (Chief HCM - PT AGIT - Via Email Blast 10 Oktober 2014)

No comments:

Post a Comment

Share Your Inspiration...